08 NOV 2016, 01:08 WIB
PERSITA PASTIKAN LOLOS KE BABAK 8 BESAR

Persita Tangerang memastikan lolos ke babak 8 Besar Indonesia Soccer Championship Serie B (ISC-B) 2016 dari babak 16 Besar Grup B. Bermain imbang 1-1 atas Persepam Madura Utama (MU) di Stadion Ahmad Yani, Sumenep, Sabtu (5/11) sore cukup membuat Pendekar Cisadane lolos ke babak 8 Besar. Di pertandingan Grup B lainnya, PSS Sleman juga memastikan lolos ke babak 8 besar setelah menaklukkan Persepar Kalteng Putra 5-1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (6/11).


Persita unggul lebih dulu melalui Sirvi Arvani di menit ke 32 sebelum disamakan gol penalti melalui Aditia Putra Dewa di menit 62. Tambahan 1 poin membuat poin Persita menjadi 10 dan tak bisa dikejar dua peserta grup B lainnya, Persepam MU dan Kalteng Putra FC. Persepam MU sendiri hingga babak 16 Besar menyisakan 1 pertandingan hanya bisa mengemas 5 poin. Jika Persepam MU menang atas Kalteng Putra FC di pertandingan terakhir nilai maksimalnya adalah 8.


Skuat asuhan Bambang Nurdiansyah tersebut lolos ke babak 8 Besar bersama dengan PSS Sleman yang pada pertandingan, Minggu (6/11) sore menang 5-1 atas Kalteng Putra FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Persita tinggal memperebutkan posisi juara grup dengan PSS Sleman yang saat ini memimpin klasemen dengan nilai 13 dan akan dihadapi pada, Sabtu (12/11) ini.    
Persita wajib menang dengan skor 2-0 jika ingin tampil sebagai juara grup atas PSS Sleman. Karena pada pertemuan pertama di Sleman tim Ungu, kalah dengan skor 1-0.


Pada pertandingan kemarin sore, Persita tampil menyerang meski berlaga dihadapan sekira 2.500 pendukung tuan rumah. Beberapa peluang didapat oleh kuartet penyerang Persita, Sirvi, Aldi Al Achya, Henry Rivaldi dan Hari Habrian.
Persita baru bisa memastikan gol pada menit 32 melalui tendangan voli Sirvi Arvani. Berawal dari pergerakan Rian di sisi kanan yang langsung memberikan umpan silang kepada Sirvi yang mampu lolos dari perangkap offside. Tanpa kontrol Sirvi langsung menyambut bola dengan tendangan yang tak mampu dijangkau Annas Fitriyanto, kiper Persepam.

Memasuki babak kedua, terjadi insiden pemukulan kepada wasit oleh seseorang yang diduga dari pihak tim tuan rumah, kendati demikian laga tetap dilanjutkan. Pada babak kedua Persita tetap menguasai jalannya laga, meski beberapa kali serangan skuat asuhan Jaya Hartono menghampiri pertahanan Firmansyah dkk. Sayangnya, ketangguhan lini pertahanan Persita tercoreng oleh kepemimpinan wasit yang menghadiahi tim tuan rumah penalti. Rian Miziar dianggap menjatuhkan pemain Persepam MU di kotak terlarang pada menit 61. Semenit kemudian Aditia Putra Dewa yang menjadi eksekutor mampu menjalankan tugasnya dan mengubah skor menjadi 1-1. Kekuatan tim berjulukan Laskar Sape Ngamok itu berkurang di menit 78 setelah Muslim Habibi diganjar kartu kuning kedua. Hal tersebut membuat tim ungu terus menerus menggedor pertahanan Persepam. Namun skor 1-1 bertahan hingga peluit akhir dibunyikan.


"Kami bersyukur memastikan tiket lolos 8 Besar lebih dulu, kami salut atas perjuangan dan penampilan pemain yang mampu tampil sesuai dengan latihan yang dijalani di Tangerang. Ini (lolos 8 Besar, red) buah kerja keras selama ini," ucap Asisten Pelatih Persita, Wiganda Saputra.


Gandul -sapaan Wiganda Saputra- mengaku penampilan Egi Melgiansyah dkk cukup bagus dan menunjukkan kesiapan berlaga di babak 8 Besar. Bahkan jika tak diganggu faktor non teknis (keberpihakan wasit, red) Persita bisa meraih kemenangan lebih dari dua gol. "Semua pemain main kompak dan semangat, di babak kedua pemain belakang Persepam MU telah kedodoran staminannya. Tapi setelah kejadian penalti, kami memilih bertahan mengamankan poin," tukas Gandul.


Susunan Pemain :

Persepam MU (4-4-2)
21-Annas Fitriyanto (PG), 17-Fandy Edy, 2-Gani Jaya Pradana/88-Viqi Dwi (44'), 5-M. Zaenuri, 3-M. Chairul Rivan (c), 25-Aditia Putra Dewa/11-Mifathul Huda (73'), 10-Fajar Legian, 13-Faris Aditama, 14-Muslim Habibi, 77-Dibyo Previan/50-Reza Mustofa (35'), 16-Qischil G Minny.

Persita Tangerang (4-2-3-1)
1-Firmansyah (PG), 20-Kerry Yudiono, 25-Rian Miziar, 3-Rico Sanjaya, 16-Rio Ramandika, 8-Egi Melgiansyah (c)/21-Ade Suhendra (76'), 28-Hari Habrian/11-Oktavianus Fernando (49'), 17-Henry Rivaldi, 31-Heru Setyawan, 15-Aldi Al Achya/7-Jalwandi (64'), Sirvi Arvani.

PERSITA TANGERANG FC © 2017